Museum Ullen Sentalu Jogja

Jogja, terkenal memiliki kebudayaan Jawa yang masih kental apalagi mempunyai peninggalan dari kerajaan-kerajaan yang pernah berada di tanah Jawa ini. Terdapat sebuah museum di Jogja ini yang masih menyimpan aneka koleksi mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum yang berlokasi di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu merupakan museum swasta yang pembangunannya diprakarsai oleh Keluarga Haryono dibawah payung Yayasan Ulating Blencong. Ullen Sentalu sendiri merupakan akronim dari kata Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang artinya Pelita Kehidupan Umat Manusia. Di Museum Ullen Sentalu ini anda akan disapa sejuknya hawa khas pegunungan serta suasana hening nan damai yang menyatu dengan rimbunnya pepohonan yang semakin menambah suasana menjadi menenangkan. Museum Ullen Sentalu ini emiliki bentuk bangunan atau arsitektur yang sangat unik, yaitu bangunan yang menyatu dengan alam atau rimbunnya pepohonan disekitar museum.

Tidak seperti museum pada umumnya, pengunjung tidak diperkenankan menjelajah ruang pameran museum sendiri. Pengunjung akan dibuat perkelompok yang nantinya akan dipandu oleh pemandu khusus yang akan menjelaskan sejarah mengenai benda dan karakter keraton Yogyakarta dan Solo sembari berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya secara kronologis. Untuk mendapat layanan ini, pengunjung tidak mengeluarkan biaya tambahan karena sudah masuk dalam tiket masuk di awal.

Koleksi di Museum Ullen Sentalu ini terbilang cukup lengkap dan memukau dan dibagi dalam beberapa ruang. Diantaranya adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan koleksi seperangkat gamelan. Ruang Guwo Selo Giri yang menjadi ruang lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram. Ruang Kampung Kambang terbagi menjadi 5 ruang yang memajang koleksi batik, syair, hingga album hidup anggota Kerajaan Mataram. Kemudian ada Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan bagian outdoor dari museum. Di tengah-tengah perjalanan anda mengelilingi Museum Ullen Sentalu, anda akan disuguhi minuman dengan rasa unik yaitu minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jamu yang menyegarkan.

Untuk tiket masuk wisatawan domestik dikenakan tarif sebesar Rp35.000,- sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp55.000,-. Untuk anak-anak hanya perlu membayar setengah dari harga tersebut. Gimana? Tertarik? Yuk ajak orang terkasih.